BeritaMetroNasional

Presiden Jokowi Resmi Membuka Rakornas Baznas 2024 di Istana Negara

inetnews.co.id — Acara Rapat Koordinasi Nasional Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) 2024 secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Istana Presiden Ibukota Nusantara, Pada hari Rabu.(25/09/)

Dalam acara tersebut, sebanyak 500 pimpinan Baznas dari berbagai provinsi, kota, dan kabupaten di seluruh Indonesia turut hadir, termasuk tiga perwakilan dari Baznas Enrekang.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas kinerja Baznas yang telah menunjukkan progres signifikan dalam pengumpulan dana zakat dari masyarakat dan instansi pemerintah.

“Pengelolaan zakat di Indonesia sudah cukup baik. Kami telah melihat beberapa kali pengumpulan zakat di Istana Negara sebagai bagian dari Gerakan Cinta Zakat. Digitalisasi zakat yang telah diterapkan juga menjadi langkah positif, dan kami berharap ke depan digitalisasi zakat bisa lebih optimal,” ungkapnya.

Jokowi menekankan potensi zakat nasional yang sangat besar, mengingat sikap dermawan masyarakat Indonesia yang tercermin dari berbagai hasil riset. Ia berharap Baznas dapat membuktikan bahwa pengelolaan zakat yang dilakukan benar-benar memberikan manfaat, sehingga masyarakat semakin tertarik untuk menunaikan zakat.

Di antara peserta yang hadir, Ketua Baznas Enrekang, drh. Junwar,Msi, bersama Wakil Ketua I, Dr. Ilham Kadir, dan Wakil Ketua II, Baharuddin, MM, mengungkapkan harapan agar Rakornas ini dapat membahas isu-isu krusial dalam ekosistem pengumpulan dan penyaluran zakat, serta penguatan SDM dan keuangan Baznas di daerah.

Baharuddin, MM menambahkan, “Sebagai bagian penopang pangan ibu kota negara, program Baznas Enrekang nantinya akan mendorong penguatan sektor produk pertanian dan UMKM.”

Sementara itu, Dr. Ilham Kadir mengungkapkan komitmennya untuk merealisasikan arahan Presiden mengenai digitalisasi zakat. “Kami telah membangun program fundraising digital yang berhasil menarik donasi dari berbagai penjuru. Arahan Presiden untuk memperluas digitalisasi zakat kami sambut baik,” jelasnya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi Baznas untuk terus berinovasi dan memperkuat perannya dalam pengelolaan zakat di Indonesia demi kesejahteraan masyarakat. Sabtu.(12/10/2024)

Editor: Mr/Mas

Follow Berita inetnews.co.id di Gooogle News

 

Related Posts

1 of 8

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image