Pj.Bupati Enrekang Dan Forkopimda Sukseskan Hari Bumi Sedunia 2024 Tingkat Sulsel
Nasional

Pj.Bupati Enrekang Dan Forkopimda Sukseskan Hari Bumi Sedunia 2024 Tingkat Sulsel

inetnews.co.id. Pj. Bupati Enrekang bersama segenap Forkopimda setempat mengikuti secara Daring Hari Bumi sedunia tingkat Sulsel bersama Pj. Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin berpusat di Danau Tempe Kabupaten Wajo (Sengkang) Sulawesi Selatan.

Acara daring perhelatan Hari Bumi 2024 diikuti Pj.Bupati Enrekang Dr.H.Baba,SE.

MM dan Forkopimda dialam terbuka halaman kantor BPBD Enrekang sebagai lokasi tanam pohon terlaksana lancar berkat kesiapan sarana Diskominfo- Statistik Enrekang.

Hadir Kadis Kominfo-Statistik Enrekang Hasbar,SIP.Msi bersama sejumlah kepala OPD ,ketua DPRD, Kajari Enrekang, Kapolres Enrekang, Kepala BPS Statistik, Kancab. Bank Sulselbar dan Ka unit BNI.

“Lokasi ini ditempati untuk seremoni penanaman pohon yang dicanangkan pemprov Sulsel sebanyak 2 juta pohon, Pemda Enrekang turut mendukung kegiatan penghijauan lingkungan dalam momentum Hari Bumi tahun 2024,”ujar Pj. Bupati Enrekang Dr.H.Baba,SE.MM (22/04/24).

Dijelaskan Pj. Bupati Dr.Baba mendukung Hari Bumi Sedunia 2024, Pemprov Sulsel mengambil langkah besar pelestarian lingkungan meluncurkan program penanaman pohon berskala besar melibatkan elemen peran masyarakat dan siswa siswi segala tingkatan.

Tentunya Pemda Enrekang melalui Program ini bertujuan dalam rangka untuk mendukung penanaman lebih 2 juta pohon di seluruh wilayah telah disiapkan dan dilakukan penanaman di bantaran sungai sebanyak 3.000 bibit berupa pohon penghasil buah seperti durian, alvukat dan sukun.

Tujuannya dari kegiatan penanaman pohon ini selain pengamanan bantaran sungai dari longsor, air sungai lebih bersih dari lumpur juga bermanfaat akan hasilnya berupa buah bisa memberi nilai tambah ekonomi masyarakat kedepan.

“Seperti disampaikan Pak Gubernur Sulsel kualitas air sungai kita semakin keruh karena lumpur maka Program ini tidak hanya menandai komitmen Sulsel terhadap keberlanjutan lingkungan juga menjadi simbol solidaritas dan aksi kolektif masyarakat dalam menjaga bumi,”jelasnya.

Lalu seremoni penanaman serentak yang dilakukan dihalaman kantor dan sekitar lokasi gedung Gadis 2 diakui Pj.bupati

juga oleh para kepala desa se kabupaten Enrekang dan OPD terkait menyediakan sedekah pohon.

Terkait penanaman bibit Hari Bumi Sedunia oleh Pj.Gubernur Sulsel diinformasi total 2 juta bibit pohon ditanam di wilayah provinsi Sulawesi Selatan.

Sebanyak 25.000 bibit dari Persemaian Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sulsel, 300.000 bibit dari Persemaian BPTH, 150.000 bibit dari Persemaian BPTH Jeneberang, dan sisanya CSR PT. Vale,PT. PLN,PT Inhutani I,PT Bank Sulselbar, serta kontribusi dari berbagai lembaga dan masyarakat.

“Hari ini kita memberi pesan kuat kepada masyarakat Sulawesi Selatan bahkan seluruh dunia pada Hari Bumi, 22 April 2024 ini adalah momentum membangun kesadaran seluruh umat manusia. Dihuni 8 miliar orang hidup di bumi yang sama, kita mau memastikan, merawat agar anak cucu kita menikmati,”ucap Bahtiar Baharuddin.(mas)

 

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video