Obyek Wisata Puncak Tanadoang Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat
Selayar

Obyek Wisata Puncak Tanadoang Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Inetnews.co.id, Selayar – Perlu diketahui kalau Selayar itu kaya akan obyek wisatanya, baik Wisata Bahari, Budaya dan Alam serta religi semua ada di Kabupaten berjuluk Tanadoang ini.

Salahsatu Obyek Wisata yang sudah mulai banyak dikunjungi Wisatawan adalah Obyek Wisata alam Puncak Tanadoang yang berada di Desa Bonto Marannu,  Kecamatan Bontomanai Selayar.

 

Puncak Tanadoang sendiri merupakan Obyek Wisata berbasis masyarakat yang pengelolaannya di tangani oleh Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) sesuai Permendagri No. 39 tahun 2010 tentang BUMD.

 

Obyek Wisata Puncak Tanadoang ini berada di puncak gunung tertinggi di Selayar yang jarak tempuhnya jika dari Benteng Selayar selaku Ibu Kota Kabupaten sekitar 16 KM atau 20-30 menit perjalanan.

 

Sejak dikelola tahun 2020 silam, pengunjung Obyek Wisata ini mengakami Grapik yang signifikan dari tahun ke tahun kecuali di tahun 2022 mengalami penurunan karena dipengaruhi Covid-19.

 

Hal ini dijelaskan Kepala Desa Bonto Marannu Andi Alang. S. Pd saat Wartawan Media ini berkunjung di ruang kerjanya, Rabu (6/3/2024).

 

Dalam kesempatan ini, Andi Allang yang juga pernah menjadi Kepala Desa Jambuiya 2 Priode ini menuturkan, rata rata kunjungan Wisatawan 300 orang setiap bulannya yang bisa menghasilkan rupiah antara 15 hingga 20 juta rupiah kotor.

 

Selanjutnya ia juga menuturkan bahwa, kehadiran Obyek Wisata Puncak Tana Doang ini sangat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, selain dari bagi hasil pengurus Bumdes 15% untuk pengurus dan karyawan harian, juga perputaran ekonomi masyarakat sekitar bisa lebih meningkat.

 

Selain Obyek Wisata Puncak Tana Doang, Desa Bonto Marannu yang luas Wilayahnya 1830 Ha dengan jumlah penduduk 1425 jiwa yang tersebar pada 5 Dusun ini, juga memiliki Wisata Religi yang tak kalah menariknya yakni Mesjid Tua Gantarang sebagai pusat penyiaran Agama Islam pertama di Selayar.

 

Untuk peningkatannya Kepala Desa Andi Alang menargetkan 17.000 kunjungan untuk tahun 2024 ini.

 

Target ini,  Andi Alang yakin akan bisa dicapai mengingat dukumgan masyarakat sangat tinggi, disamping itu dirinya berharap ada dukungan dan intervensi dari Pemerintah maupun pihak Swasta mengingat Angaran di Desa sangat terbatas ungkapnya.

 

Dirinya mengakui kalau dukungan Pemerintah memang sudah cukup banyak, namun dukungan yang diharapkan dalam bentuk intervensi setiap kegiatan Pemerintah bisa di tempatkan di sini pintanya.

 

Untuk diketahui bahwa setiap pengunjung Wisata Puncak Tana Doang, selain dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang  indah , juga telah disiapkan berbagai fasilitas seperti Home stay, Cafe & Resto, Room Meeting dan lapangan Putsal serta tempat Camping hingga kios cendramata untuk ole ole buat para pengunjung.(Muhsar)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video