Truk ODOL Mahasiswa Minta Polres Pinrang Bertindak Penertiban Dan Tindak Tegas
Sorot

Truk ODOL Mahasiswa Minta Polres Pinrang Bertindak Penertiban Dan Tindak Tegas

inetnews.co.id, Pinrang – Maraknya truk bertonase besar dan melebihi kapasitas muat sangat marak melintas antar kabupaten, bahkan truk sejenis itu melintas di tengah kota Pinrang.

Dari situasi tersebut mendapat sorotan masyarakat termasuk Mahasiswa asal kabupaten Pinrang (Sulsel) merasakan dampak langsung saat berkendara di jalan raya tak asing berpapasan dengan truk bertonase besar melintas di poros kota Pinrang.

Dari mahasiswa bernama Rezani angkat bicara keresahan dialami masyarakat, terkait dugaan maraknya kendaraan perusahaan yang membawa muatan melebihi kapasitas (Overload) dan kelebihan ukuran (Over Dimensi) melaju tanpa hambatan.

“Kendaraan angkutan Over Dimensi dan Overload (ODOL) di kabupaten pinrang ini terbukti sangat merugikan masyarakat,”ujar Rezani (24/02/24)

Dikatakan Rezani akibat dampak negatif yang ditimbulkan oleh kendaraan mobil angkutan Over dimensi dan Overload (ODOL) yaitu infrastruktur jalan cepat rusak ,sehingga memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Belum lagi laju kendaraan lain menjadi lambat karena pengemudi lainnya harus menyesuaikan kecepatan dengan truk besar yang Overload dan Over Dimensi (ODOL), berakibat waktu tempuh perjalanan menjadi lama.

“Efek bagi pengguna kendaraan bermotor menjadi boros bahan bakar minyak (BBM), berpengaruh besar pada tingkat kecelakaan lalu lintas,” ungkap Rezani.

Rezani, menilai Kapolres Pinrang AKBP. Andiko Wicaksono,SIK.MH beserta jajarannya kurang maksimal dalam menangani permasalahan ODOL diduga terjadi kurang tertib dalam penegakan disiplin kendaraan bertonase besar di jalan raya.

“Hal inilah memberi ruang adanya bentuk pelanggaran aturan berdasarkan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,”katanya.

Sementara kasat lantas polres Pinrang AKP.Lukman setelah dikonfirmasi melalui whatsap menyampaikan terkait masalah pelanggaran lalulintas yang berpotensi dapat menimbulkan fatalitas lakalantas akan kami lakukan penindakan untuk menurunkan angka fatalitas.

“kita lakukan penindakan untuk menurunkan faktor resiko dan angka fatalitas di jalan raya polres Pinrang,”ujar AKP. Lukman.(mas/mis)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video