Camat Ujung Pandang Tinjau Program Terobosan “Adama” di Kelurahan Baru, Program ini Bisa Diakses Lewat Situs
Kecamatan Ujung Pandang

Camat Ujung Pandang Tinjau Program Terobosan “Adama” di Kelurahan Baru, Program ini Bisa Diakses Lewat Situs

inetnews.co.id. Makassar- Mengawali aktifitas kantor, Camat Ujung Pandang, Syahril Syamsuri didampingi Lurah Baru meninjau Salah satu program inovasi Pemerintah Kota Makassar salahsatunya yang ada diKelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Senin.(08/01/24

Camat Ujung Pandang yang didampingi Lurah Baru Nur dalam Program inovasi tersebut adalah Pengelolaan sampah terpadu/reduce, reuse, recycle (TPS3R) ADAMA (Ambil, Daur ulang, Manfaatkan)

Selain dari pada tempat pengelolaan sampah, ADAMA juga merupakan pusat KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) pengurangan timbunan sampah sekaligus pemanfaatannya bagi warga masyarakat, pelaku usaha, dan anak sekolah.

Hal ini berdasarkan Undang-undang RI No. 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan PERWALI Kota Makassar No. 36 tahun 2018 tentang JAKSTRADA Pengelolaan Sampah RT dan Sampah Sejenis RT.

Adapun Program “ADAMA” adalah singkatan dari Ambil, Daur Ulang dan Manfaatkan. Inovasi TPS3R Kelurahan Baru Kecamatan Ujung Pandang nantinya akan menjadi sarana fasilitas seperti dibawah ini

1. Kawasan Eco Enzym Karebosi (KEMAEKI)
2. Taman Bunga Anggrek (TA’BANGKA)
3. Pengembangan olah sampah organik (maggot, pupuk cair, kompos, pupuk hayati, produksi pakan mandiri d’Maggot BSF, kerajinan dari ampas kopi, eco enzym serta turunannya, dll)
4. Pengembangan olah sampah anorganik (bank sampah, CLAY ART, Docoupage, pembuatan eco brick, batako dari residu, green incinerator, dll)
5. budidaya Ikan air tawar

Program ADAMA ini, akan diakses melalui situs pengelolaan sampah secara online oleh warga dan akan menjadi salah satu inovasi kecamatan Ujung Pandang yang diusulkan pada IGA 2024(*)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video