PKM UMI Gelar Pelatihan HOTS di Pesantren Gombara
Nasional

PKM UMI Gelar Pelatihan HOTS di Pesantren Gombara

Inetnews.co.id- Dalam rangka meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia, PKM UMI Gelar Pelatihan Higher Order Thingking Skill (HOTS). Jum’at (15/12/2023)

Pelatihan ini diikuti kepala sekolah Mts Darul Arqam Gombara dan lebih dari 10 pendidik di Mts tersebut.

Metode yang digunakan dalam pelatihan, komunikasi langsung. Dimana melalui tatap muka yang memungkinkan pendamping dengan para pendidik berkomunikasi secara langsung (memperoleh respon) dari para pendidik dalam waktu yang relative singkat dan menggunakan metode psikososial.

Pelatihan ini, bertujuan untuk mendampingi pendidik, Sehingga menambah wawasan pendidik mengenai model- model pembelajaran yang mampu, merefleksi dan mengasah dalam proses pembelajaran sehingga tidak selalu monoton dan membosankan

Penggunaan metode psikososial mempertimbangkan beberapa hal yakni.

Waktu penyelenggaraan tidak mengganggu kegiatan pendidik. Pekerjaan pokok pendidik harus lebih diutamakan, tidak membosankan,
penggunaan media mampu menarik perhatian pendidik serta bisa menjadi solusi dalam setiap permasalahan yang timbul pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Ada Beberapa permasalahan yang ditemukan pada saat survey awal yakni kurangnya pendampingan pelatihan pendidik dalam model pembelajaran, kurang berkesinambungan pendampingan pelatihan bagi para pendidik terutama pendampingan.

Pelatihan model pembelajaran Higher Order Thingking Skill, kurangnya inovasi pendidik dalam mengimplementasikan model pembelajaran sehingga tidak tercipta kondisi pembelajaran yang optimal.

“kurangnya kesadaran pendidik tentang mutu atau kualitas pendidikan yang terjadi di sekolah.
Sehingga semakin menjadikan peserta didik kurang memahami materi-materi ajar, terutama mata pelajaran IPA” jelasnya

Lanjut, Akan tetapi yang menjadi permasalahan pengabdian yang akan dijadikan sebagai fokus masalah adalah kurangnya pendampingan pelatihan pelatihan bagi para pendidik terutama pendampingan pelatihan model pembelajaran Higher Order Thingking Skill.

Dasar itulah yang menjadi acuan bagi pendamping dalam pendampingan pelatihan pedagogik pendidik terhadap model pembelajaran Higher Order Thingking Skill.

Kegiatan ini juga membangun kerjasama UMI dengan pesantren yang ada di Makassar khususnya di pesantren Gombara.

Pendidik sangat antusias dalam melakukan pelatihan model pembelajaran.

karena menurut para pendidik baru pertama kali ada pendampingan pelatihan yang seperti ini.

Ia berharap semoga ada kontinuitas kedepannya dari Universitas Muslim Indonesia dalam melakukan pendampingan-pendampingan selanjutnya.

Mengingat Kurikulum pendidikan yang diterapkan sekarang ini adalah kurikulum merdeka, belajar yang membutuhkan model pembelajaran kreatifitas berpikir tingkat tinggi, maka sangatlah pas jika mengenalkan model pembelajaran higher order thingking skill.

Dimana pola pembelajaran high order thingking skill merupakan pola berpikir peserta didik yang mengandalkan kemampuan menganalisis, mencipta, mengevaluasi semua aspek dan masalah yang mungkin timbul dalam pembelajaran atau dalam proses pembelajaran.

Menurut Zaini, berpikir tingkat tinggi adalah keterampilan berpikir yang mengkombinasikan berpikir kritis dan berpikir kreatif.

 

Is

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video