DPRD Enrekang Gelar Raker Pansus Ranperda Pajak dan Retribusi Bersama RSU Maspul dan RS Puang Sabbe
Uncategorized

DPRD Enrekang Gelar Raker Pansus Ranperda Pajak dan Retribusi Bersama RSU Maspul dan RS Puang Sabbe

inetnews.co.id, Pansus ranperda pajak daerah dan retribusi yang digelar DPRD Enrekang melakukan rapat kerja bersama UPT layanan kesehatan Rumah sakit Puang Sabbe dan UPT RSU Maspul.

Dalam rapat kerja dihadiri para Kabid perencanaan lembaga tersebut menyoal sistem pelayanan dan tarif laboratorium serta penggunaan ambulan untuk pasien.

Anggota DPRD Rahmat Saleh mengemukakan masalah pelayanan di RSU milik Pemda Enrekang ini dikeluhkan masyarakat terkait retribusi tarif pengantaran jenazah serta penggunaan ambulan.

“Untuk layanan mobil ambulan seperti pengantaran jenazah dan pemakaian ambulan antar rumah sakit dikeluhkan masyarakat begitu pula untuk periksa darah atau chek up laboratorium tarif dinilai tinggi dan berbeda beda,”ujar Rahmat Saleh (13/11/23).

Menurut Rahmat Saleh, Dalam pengenaan tarif berbeda atas fasilitas kesehatan di kedua Rumah sakit ini tak jarang menimbulkan opini masyarakat.

“bahkan kurang berkontribusi dalam membantu peningkatan kualitas pelayanan kesehatan itu sendiri,”katanya.

Terkait legislator lainnya H.Haerul Tahir,SE Hairul Tahir menerangkan, perbedaaan tarif periksa darah RS Pinrang 370 tapi di rsu 750 rbu. Pula harga periksa darah di puskesmas diwilayah Enrekang dikeluhlan warga tarif 100 rbu di tingkat puskesmas wilayah Enrekang.

“Tapi kalo periksa di RSU Maspul tarif sampai 700 ribu rupiah,jadi hal ini perlu dijelaskan apa ada perbedaan komponen sehingga tarif berbeda sangat jauh,”ucap H.Haerul Tahir

Dari penjelasan kedua pejabat Kabid RS Puang Sabbe dan RSU Maspul adanya perbedaan tarif layanan fasiltas yang dimiliki RSU puang Sabbe type dan UPT RSU Maspul type C

Karena beberapa faktor seperti typenya, sehingga ada perbedaan perlakuan antara UPT RSU Maspul dan RS puang sabbe dalam hal berbeda tarif penarikan Retribusi .

“Untuk layanan ambulan Pihak RS sabbe menenapkan setiap jangkauan jarak 5 km 100 rbu, 10 km bayar 150 ribu dan diatas 10 km per km naik 50 ribu,”kata pejabat setempat.

Lalu Kabid perencanaan UPT RSU Maspul Nunung katakan, perbedaan tersebut berlaku pada pasien umum karena perbedaan type RS puang sabbe type D untuk layanan primer setara puskesmas sementara RS Maspul rumah sakit RSU Maspul rumah sakit rujukan.

Juga kata Nunung, keberadaan alat lab. Kebanyakan dimilik KSO sebanyak 85 persen. Maka untuk penurunan tarif agak sulit karena alat Lab. yang dipakai UPT RSU Maspul bekerjasama dengan RSU Pinrang.

Sistem KSO ini pun mendapat atensi kalangan dewan sehingga tak mungkin hubungan KSO dengan Rumah sakit lain dalam pemanfaatan alat Lab. harga akan sama atau tarif yang diberikan di Enrekang akan dibawahnya.(mas)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video