Cegah Longsor, Kemensos Anjurkan Bendung Sungai Diatas Bukit Dengan Bambu

Cegah Longsor, Kemensos Anjurkan Bendung Sungai Diatas Bukit Dengan Bambu

Gowa, Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Risma Harini, meninjau langsung lokasi titik longsor di Desa Lonjoboko kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa, Sabtu (19/11/22).

Kedatangan Mensos Tri Risma didampingi oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni.

Mensos Tri Risma Harini mengatakan, lokasi longsor tersebut harus dilakukan penanganan dengan mengendalikan aliran air dari atas bukit.

“Jalan satu-satunya airnya mesti tahan, apalagi kata bapak wabup tadi kalau di atas bukit itu ada sungai. Jadi sungai inilah kita perhatikan dan menahan laju air agar tidak tumpah ke bawah,” ujar mantan Walikota Surabaya ini.

Selain itu, Tri Risma juga menganjurkan kepada Gubenur dan Wakil Bupati Gowa untuk menggunakan bambu untuk menahan air sungai diatas bukit, menurutnya cukup efektif dan hemat biaya.

“Ada cara tradisional dan tidak membutuhkan modal besar dan ini pernah dilakukan oleh para nenek moyang terdahulu. Jadi kalau kita lakukan dengan kearifan lokal saya pikir lebih baik dari pada kita buat proyek-proyek menghabiskan uang banyak,” jelasnya.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku akan menindaklanjuti usulan Mensos RI. Pemerintah Provinsi Sulsel akan mengawal terus penanganan longsor di Kecamatan Parangloe ini, termasuk pencarian korban yang hingga saat ini masih ada yang belum ditemukan.

“Pokoknya kami akan mengawal sampai selesai dan untuk korban belum ditemukan akan tetap dilakukan pencarian. Selain itu kami akan menindaklanjuti usulan Ibu Mensos terkait penanganan akan dilakukan agar air tidak deras ke bawah,” tandasnya.

Pada kesepakatan itu pula, Mensos Tri Risma menyapa keluarga korban dan menyerahkan bantuan Berupa; santunan kepada ahli waris korban longsor sebanyak 7 orang masing-masing senilai Rp 15 juta. Paket sembako, paket permainan anak dan paket logistik senilai Rp123.155.150,-.

Adapula makanan siap saji 400 paket, makanan anak 80 Paket, kasur 50 lembar, matras 50 lembar, tenda gulung 20 lembar, sandang dewasa 100 paket, sandang bayi 50 paket, pampers bayi 30 paket, selimut 50 lembar, pembalut wanita 50 paket, family kit 30 paket dan kids ware 30 paket.

pen

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video