Poktan Milenial Binaan Polsek Taka Bonerate Kembali lakukan Penanaman Hortikultura

Poktan Milenial Binaan Polsek Taka Bonerate Kembali lakukan Penanaman Hortikultura

SELAYAR, MEDIATA.ID– Kelompok Tani Milenial (Poktan ) kec. Taka Bonerate Kepulauan Sekayar binaan Polsek setempat, kembali melakukan Penanaman Hortikultura jenis Tomat, Kacang Panjang, Timun Pare dan Sawi.

Kegiatan Penanaman ini dilakukan di Kebun milik Saharuddin Dusun Bonto Lipang Desa Kayuadi Kecamatan Taka Bonerate, Sabtu (10 /9/2022) yang turut dihadiri Kepala Desa Kayuadi Akbal Billo dan sejumlah Anggota Poktan lainnya.

Dalam kesempatan ini ,Kades Kayuadi Akbal Billo menyampaikan harapan kepada anggota kelompok tani millenial dan masyarakat desa kayuadi pada umumnya untuk memanfaatkan lahan dengan baik dengan menanam sayuran sayuran guna memenuhi kebutuhan masyarakat pulau Kayuadi dan pulau pulau yang ada di wilayah kecamatan Taka Bonerate lainnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, selama ini sayuran di datangkan dari kabupaten Bantaeng dan Bulukumba sehingga harganya tinggi dan sudah tidak segar lagi tutur Billo sappan Akrab pak Desa kayuadi ini

” Kalau masyarakat sungguh sungguh dalam mengembangkan tanaman hortikultura yang menjadi kebutuhan masyarakat, kami pemerintah desa  akan memasukkan dalam anggaran desa untuk sarana dan prasarananya disamping kami juga akan berusaha meminta perhatian dan anggaran kabupaten jelas Akbal Billo.

Di tempat yang sama Kapolsek Taka Bonerate Ipda Hasan, S.Sos mengatakan keprihatinannya terhadap kondisi masyarakat yang membutuhkan sayauran segar dan harga terjangkau sehingga beliau memulai mengelola lahan di samping tempat tinggalnya untuk ditanami berbagai jenis sayuran.

“Melihat hasil yang di capai cukup memuaskan, Kapolsek Taka Bonerate Ipda Hasan peraih pin perak Kapolri tahun 2017 ini, dengan inovasi kebun kamtibmas dirinya berinisiatif membentuk kelompok tani untuk di bina dalam menanam sayuran di pulau Kayuadi Jelas Kapolsek pada Media ini melalui Sambungan telefon selularnya.

Hal lainnya dijelaskan Ipda Hasan, ‘sebelum produksi kebun yang di kelola, harga sayuran khususnya tomat cukup tinggi yakni tiga biji dengan harga lima ribu rupiah atau dalam satu kilo berkisar tiga puluh ribu rupiah. dan Alhamdulillah sekarang setelah berhasil panen perdana harga tomat turun menjadi 15.000/kg

Ia juga menambahkan bahwa hasil dari kebun yang dikelola bersama anggota kelompok tani binaannya ini, sudah mengirim ke kecamatan pasi Marannu, Pasilambena dan benteng jelasnya.(MUHSAR)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video