Inovasi Proek Perubahan LANGIT MASPUL Bappelltbangda Enrekang

Inovasi Proek Perubahan LANGIT MASPUL Bappelltbangda Enrekang

Inetnews, Peserta Latpim tingkat eselon II lingkup Pemkab Enrekang melakukan proyek perubahan dalam inovasi kajian yang digagas terkait
Implementasi model Perencanaan dengan tagline Langit MASPUL.

Diterangkan Kaban Bappelitbangda Syamsuddin,Msi untuk didedikasikan dalam peran Bappelitbangda Enrekang guna memperkuat sistem kolaborasi stakeholder didalam kineja perencanaan.

Langit-MASPUL itu sendiri merupakan akronim dari Layanan Digital Implementasi Sistem Perencanaan Pembangunan menuju Perencanaan yang Berkualitas.

“Sebuah gagasan implementatif tagline Langit-MASPUL saat ini telah dikenal dan tersosialisasi di seluruh jajaran Pemerintah Daerah, kalangan stakeholder di legislatif, instansi vertikal dan disebagian pemerintah desa supaya terimplementasi optimal
,”kata Syamsuddin,SPet.Msi (11/9)

Kepala Bappelitbangda Enrekang, disela-sela acara Bimbingan Teknis mengatakan bahwa gagasan ini berangkat dari pencermatan berbagai permasalahan dalam bidang perencanaan pembangunan daerah.

Isu strategis terindikasi terdapat 7 poin antaranya terkait kualitas perencanaan, efektivitas pelaksanaan tahapan-tahapan dalam proses perencanaan daerah, ketersediaan data-data dan informasi (Makro dan Sektoral).

Juga mengenai informasi hasil-hasil kajian/penelitian daerah, informasi inovasi dan informasi kebijakan, prioritas pembangunan, dokumen perencanaan daerah dan desa serta informasi alokasi kegiatan/ alokasi proyek.

“proyek perubahan Langit-MASPUL ini upaya untuk mengoptimalkan Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah, melalui pendekatan kolaborasi layanan berbasis digital” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Syamsuddin
bahwa, Kolaborasi antara Tiga elemen stakeholder yakni Bappelitbangda selaki fungsi koordinator perencanaan pembangunan daerah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Kecamatan dan Pemerintah Desa.

Sehingga Untuk mewujudkan itu, maka dibangun Empat aspek pilar Langit-MASPUL. Pertama, pilar kebijakan melalui regulasi dalam bentuk Peraturan Bupati Nomor 77 Tahun 2022 tentang Petunjuk pelaksanaan Langit-MASPUL di Kabupaten Enrekang.

Kedua, pilar Kelembagaan, melalui pembentukan Tim Pelaksana “Langit- MASPUL” sesuai Keputusan Bupati Nomor 582/KEP/VIII/2022. Ketiga, pilar Teknologi penggunaan aplikasi Langit-MASPUL,Ke empat, pilar SDM melalui Bimbingan Teknis SDM Tim Pelaksana diselenggarakan hari ini.

Proyek perubahan Langit-MASPUL sebagai peluang bertujuan untuk memperkuat sinergi peran antara Tiga kelompok stakeholder yakni Bappelit bangda, OPD dan Pemerintah Desa dalam proses perencanaan daerah, perencanaan Perangkat Daerah, maupun perencanaan Desa.

Dalam hal ini Langit-MASPUL sebagai wadah disediakan secara elektronik/digital bagi stakeholder pemerintah daerah dan pemerintah desa untuk menyimpan, mengirim, mengambil, membagi dokumen perencanaan, data-data, informasi, dokumentasi.

“Pula selain manfaat diatas Langit Maspul sebagai laporan untuk keperluan proses penyusunan perencanaan, perumusan kebijakan daerah, penelitian, monitoring dan evaluasi (Monev) pembangunan daerah,”jelasnya.

Selain itu, dalam inovasi proyek perubahan Langit MASPUL juga menjadi sarana dalam membangun komunikasi dan koordinasi secara digital (online/offline) antar Bappelitbangda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pemerintah Desa.

Sehingga Kepala Bappelitbangda Enrekang ini berharap kedepannya, dengan penerapan Langit MASPUL memberi perubahan yang lebih baik dan efektif tata kelola perencanaan, penelitian dan pengembangan daerah.

“Sehingga perencanaan serta sinergi penyelenggaraan pemerintahan daerah dan desa, guna mewujudkan kualitas perencanaan dan kinerja pembangunan daerah dan desa terbangun kesinambungan,”harapnya.(mas)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video