4 Korban Kebakaran Desa Tangru Terima Tanggap Bantuan Baznas 40 Juta Dan Desa Pandung Batu 10 Juta

4 Korban Kebakaran Desa Tangru Terima Tanggap Bantuan Baznas 40 Juta Dan Desa Pandung Batu 10 Juta

Inetnews, Penanganan kebakaran besar menghanguskan empat rumah warga desa Tangru (Malua) sangat terbantu berkat sumbangan bencana pemkab Enrekang melalui dana Baznas setempat.
.
Terlepas proses pemadaman dari armada PMK Enrekang yang belum bisa menyelesaikan pemadaman secara cepat menjinakkan kobaran api masih dirasakan pilu oleh para korban beserta keluarganya.

“Akibat kebakaran telah meluluh lantakkan harta benda seisi rumah tanpa pertolongan dan pencegahan berarti, karena besarnya api serta lokasi yang jauh dari akses mobil PMK Enrekang ke empat rumah begitu cepat rata dengan tanah,”ujar kades Tangru.

Sampai saat ini peristiwa kebakaran di desa Tangru dan peristiwa yang kerap terjadi di wilayah Enrekang belum ada lidik resmi kepolisian penyebab pasti. Namun Kasus kebakaran menjelang dua hari proklamasi RI ke-77 itu untuk pasca penanganan ebakaran berjalan baik melibatkan tim Baznas Enrekang.

“Sekitar pukul 11.25 Tim BAZNAS Tanggap Bencana menerima laporan terjadi kebakaran rumah warga di desa Tangru, Kecamatan Malua tak terkendali pada empat rumah warga bertetangga lainnya hingga begitu cepat terbakar,”kata tim BTB Hasriadi.

Kejadian ini diduga diakibatkan karena adanya kosleting listrik yang berasal dari salah satu rumah warga yang terbakar. Bangunan rumah tinggal yang terbakar tidak menelan korban jiwa, namun materi ludes terbakar tak sedikit.

Korban Umar dalam peristiwa ini mengaku, pemadaman sudah berjalan tapi manual oleh warga tapi kobaran api besar sulit untuk mendekati titik api. Warga desa Tangru sudah bahu membahu mencegah penyebaran dengan tangki semprotan tapi tak banyak membantu.

“Hingga kemudian datang kendaraan pemadam membantu, dan warga berusaha menyelamatkan barang isi rumah dan telah berhasil,”ujar Umar suami dari Ny.Nansi beranak Nadira dan Jira.

Imbas dari kebakaran besar ini Tim gabungan dari Pemda,Pemdes dan Baznas bersama warga membuat dapur Umum. Termasuk tanggap uluran bantuan pada ke empat korban secara cepat masing masing KK 10 juta termasuk KK warga desa Pandung Batu 10 juta sehingga total 50 juta.

“Khusus desa Tangru kecamatan Malua 40 juta dan 10 juta di desa Pandung Batu kecamatan Baraka sehingga keseluruhan bantuan Baznas Enrekang sebanyak 50 juta,”ucap kepala keuangan Baznas Enrekang Kamaruddin SL (17/8)

Data Korban kebakaran di dusun Kalowean,desa Tangru beberapa data keluarga yakni KK Tahuna dengan 3 anggota keluarga, KK Umar anggota keluarga 3 orang, KK Suria anggota keluarga 5 orang.

Lalu rumah korban ke empat berisi 3 keluarga yakni KK Bejo anggota keluarga 4 orang, KK Anni beranak dua orang dan KK Yusran beranggota 3 orang,(mas)

 

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video