Dinas P3AP2KB Kepulauan Selayar Sosialisasi Gerakan SEHATI

Dinas P3AP2KB Kepulauan Selayar Sosialisasi Gerakan SEHATI

SELAYAR,. INETNEWS – Perkawinan anak merupakan salah satu isu Nasional yang sangat berdampak kepada pembangunan Sumber Daya Manusia. Dalam upaya menekan jumlah perkawinan anak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Dinas P3AP2KB Selayar  melaksanakan Sosialisasi Gerakan “SEHATI” ( Selesaikan Pendidikan, HAsilkan Pendapatan dan TIba saatnya untuk menikah)

Hal tersebut di ungkapkan oleh Kepala Bidang Perlindungan Anak DP32P2KB Kepulauan Selayar, Andi Irmayani, SP, saat dikonfirmasi media ini, Selasa (22/7/2022).

Dikatakannya bahwa, Gerakan SEHATI ini merupakan program inovasi dari Kabid Perlindungan Anak yang saat ini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang dilaksanakan oleh PPSDM Kemendagri Ragional Makassar dengan sasaran beberapa Desa/Kelurahan serta Sekolah SMA/SMK/MAN sederajat yang dirangkaikan dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun 2022.

“Sosialisasi ini berlangsung selama kurang lebih sepekan yakni dari tanggal 12 Juli hingga 19 Juli 2022,” ucapnya.

Selain itu kata Dia, sosialisasi ini juga bertujuan untuk memperkuat komitmen dan kolaborasi antara stakeholder agar bergerak bersama memberikan edukasi kepada warga sekolah khususnya siswa sehingga mendapatkan pemahaman akan pentingnya merencanakan masa depan dengan pencegahan perkawinan anak.

“Kita harapkan di masa yang akan datang generasi muda Kepulauan Selayar menjadi lokomotif pembangunan mewujudkan cita – cita Selayar Mapan Mandiri,” harap Andi Irmayani.

Adapun tahapan pelaksanaan sosialisasi dimulai di SMK Negeri 5 Kepulauan Selayar dan juga telah dilaksanakan di beberapa sekolah menengah sederajat diantaranya SMA Muhammadiyah, SMKN 1 Selayar, SMAN 1 Selayar, SMKN 3 Selayar dan MAN 1 Kepulauan Selayar. jelasnya lagi.

Mengakhiri keteranganya Dia juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini ditandai dengan penyampaian pernyataan komitmen bersama mendukung implementasi Gerakan “SEHATI” di Kepulauan Selayar serta membubuhkan tanda tangan oleh semua siswa siswi peserta MPLS.

“Olehnya itu Gerakan SEHATI ini akan dijadikan program yang berkelanjutan sebagai dukungan pencapaian Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). Bersatu kita tangguh, Bersama kita bisa,” pungkasnya mengakhiri.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Sekolah SMKN 5 Kepulauan Selayar, Mursalim sangat mendukung kegiatan sosialisasi yang diselanggarakan oleh Dinas P3AP2KB Kepulauan Selayar.

“Tujuannya kan untuk meningkatkan kualitas SDM di Kepulauan selayar dan mensukseskan program wajib belajar,” ucapnya singkat.

Dari data yang dihimpun, kegiatan Sosialisasi Gerakan SEHATI di SMKN 5 Selayar dihadiri

oleh Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP32P2KB Andi Irmayani, SP, Kepala Sekolah SMKN 5 Mursalim, S.Pd, Civitas Akademik, Forum Anak Kepulauan Selayar dan Siswa Siswi peserta MPLS. (Sya)

Editor : Wandi

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video