Raker FKKSD Enrekang Sekolah Target Terapkan Kurikulum Merdeka

Raker FKKSD Enrekang Sekolah Target Terapkan Kurikulum Merdeka

Inetnews, Raker Forum Komunikasi Kepala Sekolah Dasar (FKKSD) digelar di UPT SDN 108 Kabere, (Cendana) angkat tema”Dengan Semangat Hari Pendidikan Nasional Kita Sukseskan Program Kurikulum Merdeka”.

Bupati Enrekang Muslimin Bando menghadiri kegiatan Rapat Kerja perdana itu dengan memberi arahan pada para kepala sekolah dalam menyukseskan penerapan kurikulum Merdeka program Kemendikbud.

Bupati sampaikan arahan Kemdikbud, mengenai penerapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini tengah diuji coba pada 2.500 sekolah penggerak, termasuk di Enrekang.

“Meski kurikulum ini masih opsional, agar seluruh SD di Enrekang sudah siap. Termasuk kepala sekolah dan guru yang memenuhi syarat bersiap sebagai kepala sekolah penggerak dan guru penggerak,”kata Bupati MB (27/5-22).

Forum Komunikasi Kepala Sekolah Dasar (FKKSD) Kabupaten Enrekang yang baru terbentuk juga dirangkai penyerahan SK pengurus FKKSD periode 2021-2023.

Lanjut bupati MB,mengenai uji coba penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah saat masih opsional. Akan tetapi seluruh SD di Enrekang sudah siap. Termasuk kepala sekolah dan guru yang memenuhi syarat bersiap menjadi kepala sekolah penggerak dan guru penggerak.

“Kurikulum Merdeka menuntut kita harus bergerak dinamis. Model pendidikan berkembang sesuai tuntunan zaman. Belajar bisa dimana saja, melalui pelbagai media yang tak pernah kita pikirkan sebelumnya,” urainya.

Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu ada sekolah belajar tumbuh – tumbuhan di Kawasan Perkebunan Mitra Farm Maiwa (Maroangin). Para siswa belajar dengan menyaksikan langsung proses pembibitan, hingga panen.

“Belajar mengajar tidak lagi dibatasi ruang kelas dan pagar sekolah. Apalagi dengan canggihnya teknologi, dengan memaksimalkan akun belajar.id,” kata Bupati MB.

Bupati juga mengajak para kepala sekolah dan guru terus meningkatkan kompetensi. Agar beradaptasi dengan perkembangan teknologi pendidikan. Karena Kurikulum ini.terus dievaluasi penerapannya hingga di tahun 2024 nanti sudah diterapkan secara penuh di seluruh sekolah.

“FKKSD ia minta mengambil peran strategis dalam upaya tersebut. Agar kepengurusan FKKSD ini lebih enerjik lagi, serta bisa berkontribusi maksimal demi peningkatan kualitas pendidikan di daerah kita,”tandasnya.

Hadir Kadis Diknas H.Haidar,MPd, Kepala BKPSDM Jumurdin, MPd, Camat Cendana Baharuddin,Msi, unsur forkopimda Cendana, para pengawas sekolah, Ketua FKKSD Alimuddin Akhmad, dan para Kepala Sekolah. (mas)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video