Tanam Pohon Serentak HUT 205 KBR Bogor DI KBE Maspul

Tanam Pohon Serentak HUT 205 KBR Bogor DI KBE Maspul

Inetnews, Tercatat Rekor MURI penanaman serentak HUT kebun raya Bogor yang di ikuti seluruh Kebun Raya binaan termasuk KBE Maspul di Enrekang.

Pemda Enrekang turut ambil bagian melalui Dinas LH ikut pada HUT Kebun Raya Bogor ke 205 tahun 2022 yang ditandai penanaman pohon serentak di Kebun Raya Massenrempulu Enrekang.

Kegiatan penanaman pohon serentak secara hybrid ini juga dilaksanakan di 23 Kebun Raya Indonesia mengangkat tema “Melestarikan Keberagaman, Menginspirasi Kehidupan”.Berpose usai tanam pohon di Kebun Raya Enrekang, Bupati dan Wabup Enrekang beserta sejumlah jajarannya.

Bupati Enrekang Muslimin Bando, Wakil Bupati Enrekang Asman beserta Sekda H. Baba didampingi beberapa Kepala Dinas, seperti Kadis Kominfo, BPBD, dan kaDisnakin serta menanam beberapa jenis pohon.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mursalim ada 6 jenis species pohon ditanam total 39 pohon.

“diantaranya ada Aglaia Eximia, Aglia Elliptica, Euphorianthus Euneurus, Pterocymbium javanicum, Pangium, Myristica fatua, Eximia elliptica dengan total 39 pohon”ucapnya (18/5-22).

Bupati Enrekang Muslimin Bando mengatakan kegiatan dilakukan tindak lanjut dari komitmen para stakeholder.

“Penanaman serentak ini menjadi wujud nyata dari komitmen seluruh stakeholder pengelola kebun raya untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam mengkonservasi keanekaragaman hayati khususnya flora asli Indonesia,”
ujarnya.

Untuk diketahui sampai saat ini, terdapat 45 kebun raya di Indonesia, dengan rincian lima kebun raya Pengelolaan BRIN yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Eka Karya Bali serta Kebun Raya Cibinong.

Sementara itu di terdapat 5 kebun raya dikelola Pemda Tingkat Provinsi, 32 kebun raya oleh Pemda Tingkat Kabupaten/Kota dan terakhir tiga kebun raya di kelola oleh Perguruan Tinggi.

“Terdata, pohon yang akan ditanam secara keseluruhan sebanyak 102 spesies, kesemuanya merupakan jenis yang terancam kepunahan,” aku Bupati Muslimin Bando.

Lebih jauh, kegiatan penanaman ini akan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kegiatan penanaman spesies pohon terbanyak serentak di kebun raya.

“Selain itu, MURI juga mencatatnya sebagai kegiatan penanaman pohon secara serentak di kebun raya terbanyak,”jelasnya. (sam)

 

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video