Masuki Fase Endemi, Satlantas Polres Wajo Kembali Lakukan Vaksinasi Gratis, Ada 4 Kegunaan Vaksin
Uncategorized

Masuki Fase Endemi, Satlantas Polres Wajo Kembali Lakukan Vaksinasi Gratis, Ada 4 Kegunaan Vaksin

Inetnews.id. WAJO – Indonesia sudah mulai melakukan transisi dari pandemi menuju fase endemi. Meski demikian, Satlantas Polres Wajo, Polda Sulsel, kembali menggelar vaksinasi gratis untuk masyarakat, di Mapolres Wajo.

Kasatlantas Polres Wajo, AKP Haryanto, Rabu (18/5/22) menjelaskan, kegiatan vaksinasi lanjutan yang digelar tersebut, mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi baik vaksin 2 maupun 3 (Booster).

“Inti nya, kita mengajak warga untuk tidak lalai dan mengantisipasi serta memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, meski dalam masa menuju fase endemi,” tegas Kasatlantas Polres Wajo AKP. Haryanto. Rabu.(18/05/22)

Meskipun memang kasus Covid-19 sudah semakin membaik, Satlantas Polres Wajo meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Karena bisa saja suatu saat penyebaran virus bisa kembali mewabah.

Dirinya juga mengatakan, ada 4 manfaat vaksin yang harus diketahui, meski sudah masuki masa endemi. Kegunaan vaksin inipun sangat penting dalam menjaga kemungkinan kembalinya penyebaran virus .

4 kegunaan yang dimaksudkan adalah

1) Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh dimana Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam manusia, akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

2)Mengurangi Risiko Penularan saat Tubuh seseorang yang telah disuntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenai virus dan mengurang risiko terpapar.

3) Mengurangi Dampak Berat dari Virus dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar, maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

4) Mencapai Herd Immunity dan membuat semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah atau negara, maka Herd Immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi dari virus Covid-19

“Dengan adanya informasi diatas, diharapkan masyarakat akan mendapatkan kesadaran bersama tentang penting nya melakukan vaksinasi di meski masa pandemi menuju endemi saat ini. pungkasnya (Zhul/Wis/Mir)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video