Raih 10 Kabupaten Terbaik Pelaksanaan PMT Lokal, Pemkab Mubar Dapat Penghargaan Dari Kemenkes RI
Pemkab Mubar

Raih 10 Kabupaten Terbaik Pelaksanaan PMT Lokal, Pemkab Mubar Dapat Penghargaan Dari Kemenkes RI

inetnews.co.id – Kinerja pemerintah Kabupaten Muna Barat kembali mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Pada Jumat (05/10/2023),

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan kepada Kabupaten Muna Barat sebagai Kabupaten Terbaik dalam Pelaksanaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Lokal Tahun 2023. Piagam penghargaan diterima secara langsung olej PJ Bupati Muna Barat, Dr. Bahri, S.STP, M.Si.

Selain Muna Barat, ada sembilan daerah lain yang juga mendapatkan penghargaan tersebut. Daerah-daerah yang mendapat penghargaan yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Tapin, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Pulau Morotai.

Kementerian Kesehatan RI melakukan penilaian secara langsung sebelum menetapkan kabupaten/kota yang mendapat penghargaan. Adapun kriteria penilaian terdiri dari realisasi anggaran pelaksanaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Lokal, puskesmas yang melaksanakan PMT lokal, dan penurunan kasus gizi kurang di kabupaten/kota.

Pemberian penghargaan berlangsung dalam rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting yang digelar oleh Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia. Bertempat  di Istana Wakil Presiden, sebanyak 55 daerah diundang untuk menghadiri agenda tahunan tersebut.

Kabupaten Muna Barat menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Tenggara yang mendapatkan undangan untuk menghadiri Rakornas Percepatan Penurunan Stunting. Keseriusan pemerintah Muna Barat dalam menanggulangi stunting diawali dengan penandatanganan pernyataan komitmen pelaksanaan percepatan penurunan stunting terintegrasi.

Terdapat dua intervensi yang dilakukan oleh pemerintah Muna Barat dalam menangani stunting yakni intervensi sensitif dan spesifik.

Kepala Dinas Kominfo Muna Barat, Al Rahman yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa hal ini menjadi bukti bahwa kinerja pemerintah daerah dalam penanganan stunting terukur dan terencana dengan baik. Komitmen pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Dr. Bahri terus mengukir prestasi dalam kegiatan-kegiatan prioritas.(*)

Hirzan

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video