Muslimin Bando Bagi 665 Sertifikat Warga 9 Desa

Muslimin Bando Bagi 665 Sertifikat Warga 9 Desa

Inetnews.co.id, Bupati Enrekang Muslimin Bando (MB) serahkan 665 sertifikat tanah warga dari 9 Desa yang dikunjungi sehenap desa dalam dua hari, Kamis dan Jumat, 22-23 Desember 2022.

Bupati MB ditengah warga penerima mengungkap pembagian sertifikat ini merupakan bagian program sertifikat tanah bagi UMKM melalui Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang bekerja sama Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan diserahkan bertahap.

“Pemerintah Daerah bekerja sama dengan BPN telah menuntaskan penerbitan sertifikat sebanyak 1000 Persil, di 12 kelurahan dan desa di Enrekang termasuk sertifikat bagi UMKM Enrekang,”ujar Bupati MB (23/12).

Bupati MB mengatakan, masih banyak tanah di desa-desa yang belum memiliki sertifikat. Saat ini sebanyak 5 desa dan 4 kelurahan yakni berada diwilayah kecamatan Alla,kecamatan Baraka dan kecamatan Buntubatu.

Kadis koperasi,UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Enrekang Sadikin menjelaskan, Desa tersebut antara lain.

Desa tersebut antara lain Desa Bamba puang,Desa Pekalobean ,Kel.Baraka, Kel. Tomenawa,Desa Eran batu,Desa Ledan,Kel.Buntu Sugi,Kel.Kalosi dan
Desa Mekkala.

Sehingga adanya program ini sangat penting dan bermanfaat besar bagi masyarakat. Masyarakat dan pelaku UMKM kini memiliki alas hak legal atas tanahnya untuk dimanfaatkan secara produktif.

Jadi ini salah satu manfaatnya dalam rangka legalisasi aset pelaku usaha mikro serta meningkatkan jaminan akses permodalan.

“Juga mencegah potensi sengketa.
serta memudahkan akses permodalan dengan jaminan sertifikat. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.

Pada acara pembagian sertifikat di masing-masing desa, dihadiri camat dan kepala desa setempat beserta jajarannya.

Bupati pun berharap pelaku usaha mikro selaku penerima sertifikat untuk dapat menjaga sertifikatnya dengan baik dan mempergunakan sesuai kebutuhan.(mas)

Foto :Bupati serahkan sertifikat tanah bagi warga pelaku UMKM di desa Eran Batu (Kec.Buntubatu)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video