Selasa, Oktober 22, 2024
BeritaMetroNEWS

Momen Bersejarah, Pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai Pemimpin Baru Indonesia

inetnews.co.id  – Indonesia resmi memasuki era baru kepemimpinan di bawah Jend. (Purn) TNI Prabowo Subianto sebagai Presiden RI ke-8 dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Pelantikan tersebut dilangsungkan dalam Rapat Paripurna MPR-RI yang dimulai pada pukul 10.15 WIB dan dipimpin oleh Ketua MPR-RI, Ahmad Muzani di Jakarta, Minggu,(20/10/2024)

Acara yang berlangsung khidmat itu dihadiri oleh seluruh anggota MPR, DPR, DPD, serta sejumlah tamu undangan, termasuk mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Wakil Presiden Muh. Jusuf Kalla, dan sejumlah pemimpin dunia, dengan total 33 kepala negara hadir dalam pelantikan ini. Sayangnya, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri tidak dapat hadir karena alasan kesehatan.

Selain Pejabat dan Mantan Pejabat, Pelantikan Presiden dan Wapres RI turut dihadiri 33 Kepala Negara dan Perwakilan Negara sahabat. Termasuk Presiden Jokowi dan Wapres K.H. Ma’ruf Amin.

Setelah pembacaan Surat Keputusan KPU tentang penetapan presiden dan wakil presiden terpilih, Presiden Prabowo mengucapkan sumpah dan janji serta menandatangani berita acara pelantikan.

Dalam pidato perdananya, Prabowo menekankan beberapa program prioritas, termasuk program makanan bergizi untuk anak sekolah dan upaya dalam mencapai swasembada pangan yang diharapkan dapat menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia dalam 4 hingga 5 tahun ke depan.

Presiden Prabowo juga menyoroti pentingnya swasembada energi dan menyerukan dukungan dari seluruh komponen bangsa untuk perjuangan rakyat Palestina yang saat ini sedang mengalami penindasan.

Momen berkesan dalam pidato tersebut adalah saat Prabowo menyapa satu per satu tamu undangan dari pemimpin dunia dengan spontanitas yang mengesankan. Setelah pidato, sesi foto bersama juga digelar sebagai penutup acara pelantikan yang bersejarah ini.

Dengan pelantikan ini, diharapkan Indonesia dapat melanjutkan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Editor: Id/Mr

Follow Berita Inetnews.co.id di Google News

Related Posts

1 of 5

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image