Wawan Nurrewa: Warga Gowa Berbahagialah!!, Raja Gowa ke 38 akan Kembali ke Istana Balla Lompoa
Gowa

Wawan Nurrewa: Warga Gowa Berbahagialah!!, Raja Gowa ke 38 akan Kembali ke Istana Balla Lompoa

Gambar: Wawan Nurrewa dan SK. Dewan Adat Kerajaan Gowa

inetnews.co.id, Gowa – Permasalahan terkait Lembaga Adat Daerah di Kabupaten Gowa masih menjadi Perbincangan sampai saat ini

Pasalnya dengan adanya UU LAD tersebut para Pemangku Adat kerajaan atau yang memiliki Keturunan Raja dari masa kemasa merasa sangat terbelenggu karena diduga sangat dibatasi untuk melakukan hal hal yang semestinya digelar oleh mereka

Hal inilah menurut Pengacara Andi Kumala Idjo Raja Gowa ke 38 atau Sombayya Ri Gowa, Wawan Nur Rewa menyebut Istana Balla Lompoa di Sungguminasa rencana akan diaktifkan dan dikelola kembali oleh Lembaga Adat Kerajaan Gowa yang dipimpin langsung Raja Gowa ke 38.

Demikian Wawan, kabar tersebut tentunya membuat masyarakat Gowa berbahagia lantaran Raja Gowa kembali ke Istana Balla Lompoa.

“Saya menyampaikan bahwa pemegang tahta kerajaan yang sesungguhnya akan kembali ke Istana Balla Lompoa yaitu Raja Gowa Andi Kumala Idjo, tentunya masyarakat Gowa turut berbahagia, yang telah menunggu lama akan masuknya Raja Gowa ke- 38 ke Istana,” ujar Wawan saat menggelar Komprensi Pers disungguminasa, Jumat.(14/06/24)

Lebih lanjut, Wawan Menurutnya, langkah itu diambil sebagai kecintaannya terhadap budaya dan sejarah untuk menghargai peninggalan para pejuang dan para Raja di Gowa.

“Tidak mungkin sebuah rumah yang masih ada penghuninya disebut sebagai meseum atau cagar budaya,” tuturnya.

Dia pun menyampaikan dan juga terharu atas dirinya karena diangkat sebagai Pengacara Raja Gowa ke 38, yang membuatnya semangat untuk mengawal kepentingan Hukum Raja Gowa Andi Kumala Idjo.

“Saya terharu atas diangkatnya kami sebagai Pengacara Raja Gowa ke 38 untuk mengawal kepentingan Hukum Raja, tentunya sayapun berhagia dengan rencana akan kembalinya masuk ke Istana Balla Lompoa oleh Raja Gowa ke 38, dan inilah momentum yang lama ditunggu tunggu oleh masyarakat Gowa. ,” terangnya.

Hal ini disebut, akan menarik parawisatawan mancanegara untuk berkunjung melihat langsung kultur kerajaan Gowa di Istana Balla Lompoa.

“Tentunya Pemerintah Kabupaten Gowa juga turut berbahagia, atas rencana ini, karena akan berdampak positif pada Pemerintahan dalam kolaborasi ini,” tutur Pengacara vokal dan yang pernah menjadi Aktivis ini

Sekedar diketahui, Raja Gowa ke 38, Andi Kumala Andi Idjo Daeng Sila Karaengta Lembang Parang Sultan Malikkusaid II Batara Gowa III, dimandat oleh keluarga besar sebagai Raja pada 11 Juni 2018 menggantikan Raja Gowa 37, Andi Maddusila Patta Nyonri Karaeng Katangka Sultan Alauddin II, kemudian dikukuhkan dan dilantik pada 11 Agustus 2019 di Istana Balla Lompoa sesuai dengan Surat keputusan Dewan Adat Kerajaan Gowa no. 007/LKG/VI/2018 yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Adat Kerajaan Gowa H. Andi. Makmun Bau Tayang Karaengta Bontolangkasa

Red

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video