KMP. Takabonerate, Malaikat Penolong Buat Pengembangan Bisnis Pisang Daeng Jaka
Selayar

KMP. Takabonerate, Malaikat Penolong Buat Pengembangan Bisnis Pisang Daeng Jaka

Inetnews.co.id, Selayar – Kehadiran KMP. Takabonerate yang melayani rute Pelabuhan Bira, Pattumbukang, Kayuadi , Jampea dan Bonerate serta Kalaotowa ( PP ) ini ibarat malaikat penolong buat pengembangan bisnis pisang Daeng Jaka.

Daeng Jaka ( 47 ) warga Kayuadi Kec. Takabonerate Selayar salahsatu dari sekian banyak orang yang mampu memanfaatkan peluang dari keberadaan Kapal milik ASDP ini.

Lancarnya arus penyebrangan antar pulau ini dengan KMP. Takabonerate, Merupakan peluang besar yang mampu dimanfaatkan Daeng Jaka untuk mengembangkan bisnis pisangnya dari Kalotowa ke sejumlah pulau pulau kecil disekitar Kayuadi Takabonerate.

Kepada Media ini , Daeng Jaka menuturkan, dengan adanya Peri ( KMP Takabonerate ) sangat membantu usaha ( bisnis ) pisang yang sudah cukup lama ia tekuni ini.

Membantu sekali pak, karena dengan Peri ini ,ongkos ( biaya ) yang saya keluarkan, jauh lebih kecil dibanding sebelumnya, karena saya harus menyewa Joloro dengan biaya yang cukup besar tutur Daeng Jaka saat ditemui di Dermaga Kayuadi, Jumat (28/6/2024).

Dalam menjalankan bisnisnya, Daeng jaka tak tanggung tangung mengorder pisang dari Kalaotowa ( Kec. Pasilambena) hingga 400 ikat yang modalnya mencapai Rp. 5 jutaan rupiah setiap kali Peri datang / minggu.

Sedangkan pembayarannya juga dilakukan dengan cara tunai dengan menitipkan pada orang kapal yang sudah saling kenal akrab sehingga dirinya tidak perlu lagi datang dikalaotowa, namun cukup berbicara lewat telpon tutur Daeng Jaka lagi.

Ternyata Kekaguman Daeng Jaka ini mendapat respon positif dari Ketua DPD PKS Kab. Kepulauan Selayar yang juga Calon Anggota DPRD terpilih Priode 2024 – 2029 Rudi. S. Pt saat ditemui disalah satu ruangan yang juga ikut menikmati KMP.Takabonerate dalam perjalanan Jampea – Kayuadi dan Pattumbukang Selayar.

Menurut dia, transportasi yang rutin,dan harga terjangkau serta memiliki Fasilitas memadai, bagi warga Pulo merupakan kebutuhan Vital karena dapat membantu mata pencaharian mereka.

Sehingga kedepannya kata Rudi, Frekwensi penyebrangannnya harus ditingkatkan karena dengan melihat kondisi penumpang yang setiap pemberangkatan semakin hari semakin meningkat kuncinya.(Muhsar)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video