Bappellitbangda Gelar Konsultasi Publik KLHS Enrekang 2025-2045
Nasional

Bappellitbangda Gelar Konsultasi Publik KLHS Enrekang 2025-2045

inetnews.co.id. Plt.Kepala Bappelitbangda Enrekang buka Kajian Lingkungan Hidup Strategis RPJPD 2025-2045. Hasil kajian ini meskipun dinilai kurang memenuhi sasaran untuk mendasari dan menjadi arahan dalam keberlanjutan pembangunan kedepan.

Untuk itu Badan Perencanaan,Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Enrekang (Sulsel) , dalam menyempurnakan hasil kajian tersebut mengadakan Konsultasi Publik sebagai masukan terhadap Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dengan melibatkan bidang perencanaan segenap OPD.

Kegiatan ini digelar di ruang pola kantor Bupati dibuka Kepala Bappelitbangda, Zulkarnain K. S.STP.M.Si dan hadir Asisten III Mursalim Bagenda,MP, Sekda Dr. Andi Sapada. Camat, Ketua APDESI Enrekang, perguruan tinggi, akademisi, perwakilan LSM, dan organisasi profesi.

Plt Kepala Bappelitbangda Enrekang, Zulkarnain K, menyatakan, konsultasi publik ini bertujuan untuk menyampaikan hasil analisis dan perumusan isu strategis terkait tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Kabupaten Enrekang.

Tahapan ini dianggap penting dalam penyusunan KLHS RPJPD Kabupaten Enrekang untuk periode 2025-2045,
mengkaji parameter-parameter dan indikator-indikator makro tentang lingkungan sosial serta aspek lainnya untuk rencana pembangunan jangka pendek 5 tahun dan jangka panjang 25 tahun.

“Kami akan menganalisis data-data makro dan mikro di Kabupaten Enrekang agar pembangunan berjalan sesuai dengan rencana yang telah kami susun,” kata Zulkarnain (28/6).

Terkait persoalan lingkungan diwilayah Enrekang tak bisa disangkal terjdi kelemahan dalam tata ruang kelola lingkungan dan analisa mengenai dampak lingkungan (Dinas LH) tidak terintegrasi optimal.

Lahan bukit pedesaan dan perkotaan untuk lahan perumahan sangat marak dibangun tanpa izin AMDAL, dan telah berakibat kerusakan dan ancaman besar potensi kerawanan longsor.

Adanya situasi lingkungan Enrekang Zulkarnain menegaskan, dari konsultasi publik ini, Pemda Enrekang berupaya memastikan bahwa proses perencanaan pembangunan jangka panjang daerah berjalan secara partisipatif, transparan, dan akuntabel, serta sesuai prinsip-
prinsip pembangunan berkelanjutan.(mas)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video