Lestarikan Ekosistem Laut Berkelanjutan, Kelompok PAAP Kerapu Tikus Jaga Kelestarian KLA
Pemkab Mubar

Lestarikan Ekosistem Laut Berkelanjutan, Kelompok PAAP Kerapu Tikus Jaga Kelestarian KLA

inetnews.co.id, Mubar – Upaya pelestarian dan pemanfaatan ekosistem laut secara berkelanjutan terus di galakan baik pemerintah maupun Masyarakat pesisir yang berada di wilayah Kusambi Tikep. Hal ini,yang juga dilakukan oleh Kelompok PAAP Kerapu Tikus untuk menjaga dan terus melestarikan dan Menghijaukan kembali karang- karang yang telah banyak mengalami kerusakan. Untuk itu agar lebih tersosialisasikan akan pentingnya pelestarian karang kelompok PAAP Kerapu Tikus yang menjangkau dua Kecamatan yakni Tikep dan Kusambi menggelar berbagai lomba, Jumat,(31/05/24)

Ketua Kelompok Pengelolaan Akses Area Perikanan( PAAP) Kerapu Tikus, Kusambi Tikep, Risaldin menyampaikan bahwa, PAAP Kerapu Tikus merupakan kelompok Masyarakat yang terdiri dari dua kecamatan yakni Kusambi dan Tikep, untuk Kusambi terdiri dari beberapa Desa yakni, Tanjung pinang, Bhakeramba, Lakawoghe, Kasakamu dan Lemoambo, sedangkan untuk Kecamatan Tikep hanya Desa Katela.

” Alhamdulillah kegiatan ini masuk pada divisi penjangkauan, tentu harapan dari kegiatan ini kami harapkan dari seluruh masyarakat kelompok PAAP dapat mengetahui bahwa ada beberapa titik di perairan selat Tiworo yang memang merupakan daerah Kawasan larang ambil( KLA). Kemudian dengan kampanye ini, kami berharap masyarakat lebih sadar lagi dan lebih teratur dalam melaksanakan aktifitas nelayan yang ramah lingkungan,” paparnya.

Lanjutnya lagi Risaldin mengatakan bahwa, PAAP Kusambi Tikep melalui RARE Indonesia telah menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai stakeholder yakni Lanal Kendari dan juga PSDKP Provinsi Sultra.

” Kemudian ada beberapa kawasan KLA yang menjadi perhatian khusus dari kelompok ini yakni KLA Kalolano, Koala Alono, Timpusung, Manginang, dan Garasang, ini yang menjadi fokus kami kedepan. Terus untuk kegiatan yang di perlombakan hasil dari kesepakatan kelompok, lomba mancing di selat Tiworo, Gendang Adat,Joget Bumimoro, catur, dan Futsal,” ungkapnya.

Lebih jauh lagi Risaldin membeberkan bahwa, kegiatan inindi rencanakan akan di laksanakan di awal Bulan Juni.

” untuk saat ini kegiatan lomba tersebut kita prioritaskan dulu pada Desa yang tergabung pada kelompok ini, dan seiring dengan berjalannya waktu kedepannya insya Allah tidak menutup kemungkinan Desa ataupun Dinas bisa kita masukan pada kegiatan Kelompok PAAP ini. Kemudian harapan kami kepada para Kades yang tergabung pada Kelompok PAAP ini serta Dinas terkait bisa memberikan masukan dan sumbangsih mensukseskan kegiatan ini,” tutupnya.

Hrz

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video