Bawaslu Gowa Bersama Unsur Terkait Gelar Apel Siaga, Dzikir dan Do’a Kebangsaan Pemilu Damai 2024 
Nasional Pemilu

Bawaslu Gowa Bersama Unsur Terkait Gelar Apel Siaga, Dzikir dan Do’a Kebangsaan Pemilu Damai 2024 

inetnews.co.id. Gowa- Senantiasa melakukan edukasi demokrasi jelang hari pemilihan umum di masa tenang, dengan melibatkan publik dalam melakukan pengawasan partisipatif.

Sebelum melaksanakan edukasi tersebut Apel Siaga Dzikir dan Doa akam dilaksanakan bersama Pemda, Polres, Dandim, Kajari dan jajaran Bawaslu diikuti sekitar 1500 orang di Gowa pada Senin.(12/02/24) sekira pukul 10.00 – 12.00 WITA

Usai menggelar apel, salahsatu anggota Bawaslu Gowa, Koordiv. Pencegahan, Parmas, dan Humas, Juanto, mengatakan, Apel Siaga dilaksanakan berdasarkan intruksi Bawaslu RI.

Hal itu penting dilakukan untuk mengecek kesiapan seluruh jajaran sampai ke Pengawas TPS menghadapi hari pemungutan suara. Dan agar publik mampu memahami keberadaan jajaran Bawaslu di TPS merupakan amanah Undang-Undang untuk bersama kawal Pemilu, sebelum, saat dan sesudahnya.

“Kegiatan Apel ini, seperti yang kami ikuti di Jakarta bersama Bawaslu RI. Dan InsyaAllah akan di lakukan hal yang sama di GOR Gowa. Bersama Forkopimda dan sekitar 1.500 jajaran pengawas dari 2133 PTPS” ujar Juanto keawak media

Pada acara tersebut, diagendakan Sambutan Ketua Bawaslu Gowa, Bupati, Kapolres, Dandim, dan Kajari di hadapan pengawas Pemilu. Usai sambutan akan digelar Deklarasi Pemilu Damai 2024, dan penyerahan secara simbolis Kunci Kantor Baru Bawaslu Gowa yang telah diresmikan tahun lalu 2023.

Juanto menjelaskan, momentum tersebut sangat tepat, sebagai semangat baru, “kunci” bersama unsur pengawas, pemerintah, keamanan dan seluruh rakyat dalam mengawal kesuksesan pemilu. Ini juga menjadi simbol kepada masyarakat bahwa Pemilu ini merupakan tanggung jawab kita dan punya komitmen bersama untuk menyukseskannya.

“Semua masyarakat, pemerintah, dan aparat keamanan adalah pengawas. Berdasarkan peraturan Bawaslu no. 2 tahun 2023 tentang pangawasan partisipatif, untuk menciptakan Pemilu Damai yang demokratis,” kata Avol (sapaan akrab Juanto).

Ia kemudian menjelaskan bahwa setelah Apel Siaga, akan bergeser ke Kantor Baru Bawaslu tepat berada di samping KPU Gowa,

Disana kami akan ceremonial melakukan pemotongan tumpeng dan sorenya sekira Pukul 15.00 – 18.00 WITA akan melakukan “Dzikir dan Doa Kebangsaan untuk Pemilu Damai 2024” bersama ASN, TNI, Polri atas undangan Pemerintah Gowa.(*)

Red

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video