Bawakan Materi Ilegal Loging, Kapolsek Polebunging Ajak Warga Desa Kohala Jaga Lingkungan
Selayar

Bawakan Materi Ilegal Loging, Kapolsek Polebunging Ajak Warga Desa Kohala Jaga Lingkungan

Inetnews.co.id, Selayar– Kapolsek Polebunging Iptu Rahmat Saleh, S.Sos menjadi Pemateri pada kegiatan Sosialisasi Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kohala di Baruga sayang Desa Kohala Kec. Buki Kabupaten Kepulauan Selayar, hari ini,  Senin (08/01/2024)

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Kohala Rahman, S.Sos, Bhabinkamtibmas Bripka Andi Fahmi, Ketua BPD 

Muh Ramli bersama Anggota, Tokoh Masyarakat serta warga Desa Kohala.

 

Dalam materinya, Iptu Rahmat Saleh menegaskan bahwa praktik Illegal logging merupakan kejahatan kehutanan yang harus diperangi bersama untuk tetap menjaga keseimbangan lingkungan.

 

“ Ilegal loging diartikan dengan menebang kayu tanpa ijin di hutan, mengangkut dan memperdagangkan kayu ilegal dan produk kayu ilegal. Ini sangat jelas sebagai suatu kejahatan kehutanan”, tegasnya.

 

Luasnya wilayah hutan dan tidak sebanding dengan keterbatasan personil, mengakibatkan banyaknya praktek ilegal loging. Oleh karenanya peran serta masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan  sangat diperlukan.

 

“Kekurangan personel aparat kehutanan, termasuk  Anggota Polri, yang menyebabkan pengawasan kurang optimal karena luasnya wilayah hutan. Oleh karenanya ilegal loging  ini dapat dicegah dan diberantas dengan dukungan masyarakat luas. Mari kita bersama menjaga hutan kita, jika ada kegiatan penebangan apalagi diduga tidak berizin, agar segera dilaporkan” pinta Kapolsek Iptu Rahmat Saleh.

 

Sementara itu, Kepala Desa Kohala, Rahman, S. Sos mengungkapkan bahwa Sosialisasi tersebut dilaksanakan sebagai Upaya Pemerintah Desa kohala  Dalam menanggulangi Illegal Logging , dimana nantinya masyarakat dapat memahami apa dampak bilamana dilakukan penebangan hutan/ kayu terus menerus. 

 

Disebutkan, bahwa penebangan kayu di hutan yang berlangsung secara terus menerus dapat mengakibatkan hilangnya kesuburan tanah, karena tanah menyerap sinar matahari terlalu banyak sehingga menjadi sangat kering dan gersang.(As/Muhsar)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video