Malam Ju’mat Keramat Ranperda TA.2024 Ditetapkan Sekitar 1,24 Triliun
Uncategorized

Malam Ju’mat Keramat Ranperda TA.2024 Ditetapkan Sekitar 1,24 Triliun

inetnews.co.id, Paripurna DPRD dalam penyerahan tahap II Ranperda APBD Enrekang TA 2024 telah diputuskan dengan persetujuan seluruh fraksi menerima dengan pertimbangan rasional.

Sementara dalam pandangan umum ketujuh fraksi didominasi isu viral ditengah masyarakat seiring diluncurkan misi 10 program prioritas Pj. Bupati Enrekang.

Dalam pandangan fraksi dewan, penetapan Ranperda APBD TA. 2024 sebagai momentum perjalanan akhir periode legislatif 2019-2024 lebih mewujudkan hasil pembangunan dan pengawasan ditengah keterbatasan anggaran Pemda Enrekang.

Dari taksasi anggaran yang telah didalami serta melalui proses pembahasan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA PPAS) yang dibahas sebelumnya telah ditetapkan sekitar 1,42 trilyun lebih.

Anggota fraksi Nasdem Umar, SH mengatakan, jika dilihat jumlah angka yang secara prosentase 55 persen belanja pegawai dan 45 persen belanja pembangunan termasuk pembayaran hutang PEN sekitar 56 milyar.

Menurut fraksi Nasdem dari prosentase komposisinya belanja Ranperda secara pasti memang tadi tidak kita hitung.

“namun alokasi anggaran untuk porsi belanja pegawai diatas 500 milyar atau diatas 50 persen, dan sisanya untuk belanja modal proyek pembangunan termasuk membayar angsuran pinjaman dana PEN,”ujar legislator Nasdem Umar,SH (30/11/23).

Secara umum eksekutif menjawab atensi dari ketujuh fraksi dewan dari Ranperda 2024 ada persoalan serius masalah penanganan stunting, netralitas ASN Pemilu 2024, tambahan penghasilan pegawai ASN, perampingan jumlah OPD dan lainnya.

Dilatakan Dr. Baba, hasil beberapa pendalaman masalah penaganan stunting yang seharusnya lintas sektoral tidak terjalin kolaborasi.

Pj.Bupati Enrekang secara rinci memberi jawaban atas pandangan umum fraksi dengan lugas mengupas langkah kebijakan program pada TA. 2024.

Hal paling menjadi isu viral ditengah masyarakat yakni penanganan stunting yang telah menelan anggaran era sebelumnya terbilang tidak sedikit.

Diakui Pj Bupati Enrekang, melakukan koreksi dan Validasi data terhadap pemanfaatan anggaran dari APBD tersebut.

“Maka kita telah mengoptimalkan anggaran lebih menyasar pada sasaran pada pemanfaatan yang belum maksimal seperti pertemuan dan biaya koordinasi yang memakan banyak anggaran kita rubah agar lebih banyak pada action,”katanya.

Paripurna DPRD Enrekang dipimpin Wakil ketua I Ikrar Eran Batu, S.Sos dan Wakil ketua II Abd. Rahman Zulkarnain, SE. Hadir Pj. Sekda Enrekang Dr. Andi Sapada, Sekwan Kadir Loga, Mpd, kabag umum/humas Ahmad Nur, Msi beserta sejumlah OPD.

Disamping itu akan dilakukan deklarasi bersama dalam netralitas ASN melibatkan 5 lembaga seperti pemda, Kajari,polres,Dandim 1419. KPU dan Bawaslu Enrekang.

“agar supaya lebih memantapkan momentum netralitas menghadapi pemilu 2024, kalaupun ada pelanggaran pemilu nantinya itu diranah berwenang menangani pelanggaran yang terjadi melalui Bawaslu dan polres, “katanya. (mas)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video