Kantor Pertanahan Selayar Gelar Internalisasi Pembangunan Zona Integritas
Nasional

Kantor Pertanahan Selayar Gelar Internalisasi Pembangunan Zona Integritas

SELAYAR, INETNEWS.CO.ID– Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan Internalisasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) tahun 2023 di Hotel Reihan Square, Senin (4/12/2023)

Kegiatan ini dipandu langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kepulauan Selayar, Andi Abdi Islam, S.ST dengan menghadirkan dua narasumber diantaranya, Kepada KPPN Benteng, Arwin Fathurrakhman dan dari Kejari Selayar, Kasi Pidsus, Syakir Syarifuddin.

Juga dihadiri, PPAT Kep. Selayar, Pejabat Pengawas, Para Pegawai dan Staf Kantor Pertanahan, serta undangan lainnya.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Abdi Islam, S.ST., mengungkapkan bahwa Internalisasi pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM baru akan menuju kesana. Semoga target ini bisa tercapai di tahun 2024 atau 2025.

Namun demikian diharapkan untuk mencapai predikat tersebut maka perlu adanya komitmen dari Pimpinan dan jajaran kebawah, dan tentunya yang paling utama adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ungkap Abdi Islam dalam sambutannya.

Lanjut dikatakan bahwa Zona integritas terdapat beberapa penunjang, yang salah satunya adalah komitmen kita untuk pemberantasan korupsi serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Olehnya itu ia mengajak kepada seluruh Pegawai Kantor Pertanahan agar internalisasi pembangunan Zona Integritas tetap terjaga, walaupun belum sempat kita raih WBK dan WBBM tapi secara hati nurani kita itu sudah luar biasa.

“WBK dan WBBM itu hanya predikat, tapi yang perlu kita jaga adalah Zona Integritasnya,” Pungkas Kepala Pertanahan, Andi Abdi Islam.

Sementara, Kasi Pidsus Kejari Selayar, Syakir Syarifuddin dalam materinya menyampaikan bahwa Zona Integritas merupakan sebutan atau Predikat yang diberikan kepada kementrian atau lembaga dan pemerintah daerah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat atau komitmennya untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan Publik.

“ZI ini dapat menjadi pemicu untuk berubah menjadi lebih baik, memperbaiki birokrasi sehingga pelayanan menjadi efektif, efisien, jujur dan bebas korupsi sehingga akan sangat berdampak positif bagi Kabupaten Kepulauan Selayar khususnya masyarakatnya,” Ungkap Kasi Pidsus.

Hal senada disampaikan oleh Kepala KPPN Benteng, Arwin Fathurrakhman, bahwa Pembangunan Zona Integritas terinspirasi dari konsep Island of Integrity yang merupakan praktek lebih jauh dari eksistensi pengembangan keilmuan administrasi publik dan tata kelola pemerintahan.

“Island of Integrity merupakan suatu kondisi dimana unit kerja instansi pemerintah yang “Imun” dan mampu memberi tata kelola yang terbaik meskipun instansi pemerintah disekitarnya didominasi oleh manajemen dan tata kelola yang buruk” ungkapnya.

Mengakhiri keterangannya Dia mengungkapkan bahwa beberapa hal yang perlu dilakukan menuju predikat WBK dan WBBM diantaranya adalah penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan pelayanan publik. Ujarnya

Usai pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan Foto bersama.(**)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video